Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cukup Manfaatkan Program Taxi Alsintan, Petani Trenggalek Bisa Memiliki Alat Pertanian Modern

Trenggalekpost, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin secara simbolis menyerahkan Taxi Alsintan (Alat Mesin Pertanian) kepada beberapa Kelompok Tani Trenggalek di Taman Agropark, Selasa (14/6/2022).

Taxi Alsintan merupakan program dari Kementerian Pertanian RI yang menghadirkan teknologi pertanian di tengah-tengah petani dan mengakselerasi pemulihan ekonomi di sektor pertanian.

Selain itu, program ini turut membantu menyediakan alat dan mesin pertanian (Alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian melalui fasilitasi bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Ya ini program dari Kementerian, dimana konsepnya para Gapoktan ini kemudian memiliki Alsintan secara mandiri difasilitasi oleh KUR," ungkap Bupati Nur Arifin.

Disebut Taxi Alsintan karena para petani tidak cuma berorientasi pada lahan saja tetapi mereka juga bisa menyewakan alat pertanian tersebut.

"Jadi konsepnya seperti taxi itu maksudnya bisa di order oleh petani petani yang lain kalau butuh alsintan itu. Dan kita juga terimakasih karena salah satu vendornya ini juga produsen alsintan dalam negeri," jelasnya.

Bupati Nur Arifin juga menyampaikan bahwa nantinya juga akan ada teknikal asisten yang bisa mengarahkan untuk mendapatkan alsintan yang bagus serta bisa ketemu perbankan yang bisa memberikan fasilitas KUR.

"Mereka juga siap untuk memberikan teknikal asisten, sehingga ketemu alsintan yang bagus, ketemu dengan perbankan yang bisa memfasilitasi lewat KUR, terus kemudian Dinas Pertanian yang membina," imbuhnya.

Bupati Nur Arifin juga berharap semoga nanti produksi pertanian lebih produktif dan biaya pertanian bisa lebih murah.

"Sehingga harapannya nanti petani bisa memproduksi pertaniannya lebih produktif dan biaya yang lebih murah," pungkasnya. (TP/ME)

Posting Komentar untuk "Cukup Manfaatkan Program Taxi Alsintan, Petani Trenggalek Bisa Memiliki Alat Pertanian Modern"