Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Bersama Pemerintah Desa Nglebeng Mengadakan Pelatihan Pengolahan Hasil Laut

Pelatihan Pengolahan Hasil Laut oleh Mahasiswa UIN SATU Tulungagung, foto: Dokumen Kegiatan KKN

Trenggalekpost, Mahasiswa KKN kelompok Nglebeng 2 dari UIN Sayyid Ali Rahmatullah (UIN SATU) Tulungagung bekerjasama dengan Pemerintah Desa Nglebeng mengadakan pelatihan pengolahan hasil laut. Pelatihan yang diadakan pada hari sabtu (20/8/2022) tersebut diselenggarakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jokerto Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Kabupaten Trenggalek.

Pelatihan ini menghadirkan langsung pakar kuliner dari Kecamatan panggul, yaitu ibu Neni dan ibu Gati. Keduanya merupakan juara lomba memasak baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat Kabupaten. Selain itu keduanya merupakan pemilik catering yang sudah terkenal di Kecamatan Panggul.

Acara yang dihadiri oleh Kepala Desa Nglebeng beserta ibu dan juga perangkat Desa Nglebeng tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. Terbukti para peserta sangat antusias dan semangat dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Hadir pula dalam acara tersebut DPL KKN Nglebeng 2, Machrup Eko Cahyono, M.Pd.I. yang ikut memantau dan mendampingi mahasiswa dari UIN SATU Tulungagung dalam menyelenggarakan acara pelatihan ini.

Riko Afandi selaku ketua panitia dalam sambutannya berharap acara pelatihan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat Jokerto khususnya para ibu rumah tangga.

“Saya selaku ketua panitia acara pelatihan berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya para ibu-ibu rumah tangga di Dusun Jokerto ini” ungkapnya.

Selanjutnya Riko berpesan kepada para peserta pelatihan untuk bisa mempraktikan ilmu yang didapat dalam pelatihan ini, sehingga bisa digunakan untuk usaha kecil-kecilan atau bahkan buka catering.

“Setelah mendapatkan ilmu dari pelatihan ini, silahkan dipraktekan untuk buka usaha kecil-kecilan atau bahkan buka catering seperti para narasumber kita hari ini” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pak Seni sebagai Kepala Desa Nglebeng mengucapkan banyak terimakasih kepada para mahasiswa dari UIN SATU Tulungagung yang telah mengadakan pelatihan pengolahan hasil laut untuk masyarakat Dusun Jokerto.

“Saya sangat berterima kasih kepada mahasiswa UIN SATU Tulungagung atas terselenggaranya acara pelatihan pengolahan hasil laut di Dusun Jokerto, karena mayoritas warga Dusun Jokerto ini bekerja sebagai nelayan”, ungkapnya.

Pak Seni berharap setelah pelatihan ini, para ibu-ibu mendapatkan ilmu baru tentang pengolahan hasil dari melaut.

“Dengan adanya pelatihan ini, semoga para ibu-ibu mendapatkan sebuah ilmu baru tentang pengolahan hasil laut ini, siapa tahu besok bisa menjadi pengusaha”, imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Pak seni berharap pelatihan ini bisa memotivasi peserta pelatihan untuk bergerak lebih maju, sehingga bisa membangkitkan perekonomian keluarga.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini bisa dapat memotivasi ibu-ibu yang ada disini untuk bergerak sedikit demi sedikit yang akhirnya bisa membangkitkan perekonomian keluarga masing-masing”, pungkasnya. (TP/ME)

Posting Komentar untuk "Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Bersama Pemerintah Desa Nglebeng Mengadakan Pelatihan Pengolahan Hasil Laut"