Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Cita-Citaku Ingin Menjadi Anak Sholih Siswa Kelas 5 SDN 4 Pakisrejo

Muhammad Jazuli Guru PAI SDN 4 Pakisrejo, Gambar: Dokumen Pribadi

Salah satu cara agar tujuan pembelajaran tercapai adalah penggunaan model pembelajaran yang tepat, sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap proses kegiatan belajar mengajar.

Selama ini banyak para pendidik yang masih menerapkan metode dan model yang sifatnya monoton seperti ceramah, dan hal tersebut kurang efektif dalam mengaktifkan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, sehingga imbasnya adalah kepada nilai prestasi atau hasil belajar yang rendah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat melibatkan siswa secara aktif dan dapat meningkatkan kerja siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas 5 SDN 4 Pakisrejo Tanggunggunung.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 4 Pakisrejo Tanggunggunung yang berjumlah 13 orang siswa. Tehnik pengumpulan data pada penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, lembar pengamatan, pretes, dan posttes. Data dianalisis secara deskriptif dengan mencatat nilai hasil belajar siswa, sehingga dapat diketahui presentase keberhasilan belajar siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL memberikan banyak kontribusi yaitu mudahnya siswa memahami materi melalui penugasan dengan kelompok diskusi, siswa semakin aktif dalam kegiatan pembelajaran, siswa terlatih bekerjasama dalam kelompok serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI.

Terjadi peningkatan prestasi belajar yang pada awalnya memiliki rata-rata 34.77 menjadi sebesar 72,64 pada siklus I atau terjadi peningkatan 25,70%. Pada siklus II, hasil observasi menunjukkan peningkatan sebesar 85,65 atau 58,75%. Adapun pada siklus III hasil observasi menunjukkan peningkatan drastis sebesar 98,62 atau 81,10%. Artikel Jurnal selengkapnya silahkan baca disini.

Penulis: Muhammad Jazuli dan Erna Iftanti

Editor: Machrup Eko Cahyono

 

Posting Komentar untuk "Implementasi Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Cita-Citaku Ingin Menjadi Anak Sholih Siswa Kelas 5 SDN 4 Pakisrejo"